7 Keutamaan dari Puasa Rajab yang Wajib Kamu Ketahui

Para umat Islam selalu saling berlomba menjalankan segala sunah Rasulullah pada bulan Rajab, karena merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keutamaan. Dimana salah satu sunah Rasulullah yang pasti dikerjakan adalah puasa Rajab. Puasa sunah yang mana apabila kalian mengerjakannya akan mendapatkan tambahan pahala, dan jika tidak mengerjakannyapun tidak akan mendapatkan dosa.

Ada 7 Keutamaan dari puasa Rajab

Pelaksanaan puasa Rajab tidak ada ketentuan pasti jumlah hari yang harus di tempuh. Akan tetapi, jika umat Islam menjalankan selama 1 bulan penuh, hukum berubah menjadi makruh. Selain itu, sunah dalam menjalankan puasa di bulan Rajab ini, bisa di jeda misalnya satu hari puasa, satu hari tidak. Simak, berikut ini ada kurang lebih 7 keutamaan dari puasa pada bulan Rajab.

  1. Puasa maksimal selama 10 Hari

Rasulullah SAW bersabda โ€œBerpuasa sehari pada bulan Rajab layaknya ia puasa selama sebulan, jika berpuasa selama 7 hari ditutup untuk mereka pintu neraka jahanam. Siapa yang berpuasa selama 8 hari akan dibuka 8 pintu surga untuknya. Dan barang siapa berpuasa selama 10 hari pada bulan Rajab, Allah berjanji akan mengabulkann segala permintaannya.โ€ (HR.At-Thabrani).

  1. Amal 60 bulan

Rasulullah SAW bersabda โ€œ Barang siapa yang mana berpuasa pada tanggal 27 bulan Rajab, Allah akan mencatat sebagai amal umatnya yang berpuasa selama 60 bulan.โ€ (Abu Hurairah).

  1. Puasa Sunnah 5 Hari

Seluruh umat muslim yang mana berpuasa pada bulan rajab selama 5 hari, maka ia akan mendapatkan akan di selamatkan dari siksa kubur.

  1. Ditutup pintu neraka

Bagi umat muslim yang mau menjalankan puasa sunnah pada bulan Rajab selama 7 hari maka Allah akan menuput pintu neraka baginya.

  1. Dibukakan pintu surga

Barang siapa yang menjalankan puasa sunnah selama 8 hari pada bulan Rajab, akan dibukakan 8 dari pintu surga Allah.

  1. Menghapus Dosa

Apabila ada umat muslim yang mengerjakan puasa sunnah pada bulan Rajab selama 10 hari, maka Allah akan menghapuskan segala dosa-dosanya dan menggantikan dengan kebaikan.

  1. Air susu dari surga

Jika ada umat islam yang menjalangkan puasa selama satu hari, mereka akan mendapatkan air susu dari sungai Rajab di surga. Air susu yang mana rasanya melebihi dari pada manisnya madu.

โ€œSungai Rajab merupakan sungai yang ada di surga dimana airnya berwarna putih melebihi susu dan juga rasanya lebih manis dari pada madu. Umat islam yang mau menjalankan puasa sehari saja pada bulan Rajab, maka ia akan mendapatkan karunia minum air dari sungai Rajab.โ€

ย 

ย 

Manfaat Puasa pada Bulan Rajab

Sunna puasa pada bulan Rajab merupakan anjuran dari Rasulullah SAW dimana mengingat betapa banyak manfaat dan juga keutamaan jika dikerjakan. Oleh karena itu, selain dari pada 7 keutamaan menjalankan puasa pada bulan rajab ternyata memang sangat bermanfaat.

  • Kekebalan tubuh meningkat

Ketika seseorang menjalankan puasa, limfosit meningkat hingga 10 kali lipat. Jadi sangat jelas dengan kondisi tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari ancaman virus.

  • Ginjal yang sehat

fungsi ginjal adalah sebagai penyaring zat berbahaya pada tubuh manusia. Ketika seseorang berpuasa, secara tidak langsung ginjal akan lebih sehat. Mekanismenya adalah ketika berpuasa asupan air akan berkurang yang mana fungsi ginjal dapat maksimal ketika kekuatan dari urine 1000 hingga 12000 ml osmosis/kg air.

  • Detoksifikasi

Tubuh manusia sebagai sarang racun berbahaya wajib di waspadai. Toksin harus dikeluarkan dari tubuh, karena apabila berlebihan akan keracunan dalam darah. Puasa menjadi solusi yang efektif hal tersebut terjadi.

Memang sungguh puasa yang membawa berkah bagi seluruh umat islam. Tentunya bagi mereka yang mau menjalankan sunnah Rasulullah SAW berpuasa pada bulan Rajab memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

 

Sumber :