Tips dan Cara Memilih Baju Akad Nikah Terbaik Untuk Hari Pernikahanmu

Baju Akad Nikah

Saat mempersiapkan pernikahan, ada banyak hal yang harus dipikirkan, termasuk memesan undangan pernikahan di nicewedding.id, dan juga memikirkan baju pernikahan dan baju akad nikah yang akan digunakan. Memilih baju pernikahan dan baju akad nikah sangat penting, karena ini adalah momen yang sangat spesial dan diinginkan oleh setiap orang hanya terjadi sekali seumur hidup. Banyak orang bermimpi untuk menjadi ratu dalam sehari, dan baju pernikahan yang cocok akan membantu mewujudkan impian tersebut.

Cara Memilih Baju Akad Nikah Terbaik Untuk Hari Pernikahanmu

Namun, memilih baju pernikahan dan baju akad nikah yang cocok bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti gaya, warna, bahan, dan tentu saja bentuk tubuh. Agar kamu bisa merasa nyaman dan percaya diri selama acara, inilah 10 cara memilih baju akad nikah yang pas buat kamu!

Perhatikan Budget Kamu

Sebelum memilih baju pernikahan impianmu, perhatikan budget yang kamu miliki. Jangan sampai terjebak dalam pemikiran bahwa baju yang mahal akan membuatmu terlihat lebih baik. Kamu bisa mencari alternatif lain seperti membuat baju yang serupa namun dengan bahan yang lebih murah. Ingat, jangan sampai memaksakan diri hanya untuk baju pernikahan, uangmu bisa dialihkan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Tentukan Konsep Pernikahanmu

Konsep pernikahanmu harus menjadi acuan dalam memilih baju pernikahan. Apakah kamu ingin tampil simpel, mewah, unik, atau justru anti-mainstream? Semua kembali ke konsep yang kamu inginkan. Kamu bisa mencari inspirasi dari internet atau konsultasikan dengan designer atau penjahit andalanmu.

Sesuaikan dengan Lokasi Pernikahan

Pastikan baju pernikahanmu nyaman digunakan di lokasi pernikahanmu nanti. Misalnya, jika pernikahanmu diadakan di outdoor seperti hutan atau kebun, pastikan baju dan alas kakimu nyaman saat berjalan di atas kerikil kecil dan rumput-rumput.

Pilih Model atau Jenis Baju yang Cocok

Beberapa model baju yang sedang menjadi trend saat ini adalah A-line dress dengan desain simpel dan lurus serta ball gown dengan lengan terompet dan pinggul yang menggembung. Kamu juga bisa merancang baju pernikahanmu sendiri dengan arahan dari designer atau penjahit andalanmu.

Sesuaikan Warna Baju dengan Warna Kulitmu

Selain mempertimbangkan konsep, kamu juga harus mempertimbangkan warna baju yang sesuai dengan warna kulitmu. Bagi kamu yang memiliki kulit cenderung cerah dan putih, kamu bisa menggunakan warna baju apapun. Namun bagi kamu yang memiliki kulit cenderung gelap, pilihlah warna yang sesuai agar kamu terlihat eksotis dan manis. Hindari warna pastel atau warna gelap. Kamu bisa memilih gaun dengan warna terang agar terlihat memukau.

Memilih desainer baju pernikahan bukanlah hal yang sepele. Selain harganya yang mahal, kamu juga menginginkan baju pernikahan yang terlihat sempurna pada tubuhmu. Jangan sampai kamu salah memilih desainer dan akhirnya harus merasakan ketidaknyamanan saat mengenakan baju pernikahanmu. Jika kamu memiliki budget yang lebih terbatas, cobalah mencari inspirasi dari desainer-desainer ternama dan buatlah versi baju pernikahanmu sendiri.

Pastikan Ukuran dan Warna Baju yang Kamu Sewa Sesuai dengan Tubuhmu

Ada kelebihan dan kekurangan dalam memilih untuk menyewa baju pernikahan. Keuntungan dari menyewa adalah biayanya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan merancang atau memesan pada desainer. Namun, kamu harus mempertimbangkan dengan matang jika memilih untuk menyewa baju pernikahanmu. Pastikan baju yang kamu sewa sesuai dengan impianmu dan cocok dengan bentuk tubuhmu.

Jangan lupa untuk membawa sepatu yang akan kamu gunakan saat pernikahan pada saat fitting. Ini akan membantu agar panjang gaun yang kamu sewa pas dengan tinggi badanmu saat mengenakan sepatu. Hindari gaun yang terlalu pendek atau terlalu panjang.

Miliki Beberapa Opsi Jasa Sewa atau Cadangan

Memiliki beberapa opsi jasa sewa atau cadangan sangat penting. Hal ini akan membantumu jika baju pernikahan impianmu tidak tersedia di tempat jasa sewa pertama yang kamu pilih. Selain itu, memiliki beberapa opsi jasa sewa juga memudahkanmu untuk membandingkan harga.

Pastikan kamu memilih jasa sewa baju pernikahan yang terpercaya dan mengkonfirmasi kembali beberapa waktu sebelum hari pernikahanmu. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan saat acara dan baju sudah disesuaikan dengan ukuran tubuhmu.

Ajak Teman yang Mengerti Fashion untuk Membantu saat Memilih Baju atau Jasa Sewa

Meskipun kamu sangat menyukai gaun tertentu, tetaplah membutuhkan pendapat orang lain. Jangan sampai gaun yang kamu pilih kurang cocok untuk tipe tubuhmu. Bawalah teman yang paham tentang fashion, meskipun hanya sedikit, untuk membantumu agar terlihat percaya diri di hari pernikahanmu.

Jangan malu untuk mencoba beberapa gaun sebelum memutuskan pilihanmu. Ini akan membantumu memilih gaun yang benar-benar sesuai dengan selera dan bentuk tubuhmu.

Jaga Pola Makanmu Menjelang Hari Pernikahan

Menjaga pola makanmu juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatanmu. Jangan sampai kamu jatuh sakit pada hari pernikahanmu. Selain itu, menjaga pola makan juga dapat membantu mengontrol berat badanmu. Karena berat badanmu akan berpengaruh pada ukuran baju pernikahan yang akan kamu pakai.

Walaupun designer telah memperhitungkan perbedaan berat badan saat fitting dengan hari H, tetapi kamu tetap harus menjaga berat badanmu sampai hari H. Pastikan saat mengukur gaun ketika fitting, kamu harus mencobanya beberapa kali lagi sebelum hari H. Karena ada kemungkinan ukuran berat badan kamu berubah.

Rekomendasi Model Baju Akad Nikah Terbaik Untuk Digunakan

Berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendasi model baju akad nikah terbaik untuk kamu pilih :

Empire Waist

Tipe baju akad nikah yang memiliki garis pinggang tinggi dan diikat di bawah dada. Baju ini memiliki siluet yang longgar dan jatuh mengikuti lekuk tubuh dari pinggang ke bawah. Empire waist cocok untuk para pengantin yang memiliki tubuh mungil atau sedang, karena dapat memberikan ilusi kaki yang lebih panjang.

Mermaid Dress

Tipe baju akad nikah yang sangat terkenal. Mermaid dress memiliki siluet yang menempel di tubuh dari atas hingga bawah lutut, kemudian melebar seperti sirip ikan pada bagian bawahnya. Baju ini sangat cocok untuk pengantin yang ingin menonjolkan lekuk tubuh mereka dan memberikan tampilan yang elegan dan dramatis.

Ball Gown

Tipe baju akad nikah yang sangat mewah dan elegan. Baju ini memiliki rok yang sangat besar dan mengepak ke luar, membuat pengantin terlihat seperti seorang putri. Ball gown cocok untuk acara pernikahan yang formal dan mewah.

Column

Tipe baju akad nikah yang memiliki garis lurus yang jatuh dari bahu hingga bawah. Baju ini memberikan tampilan yang lebih sederhana dan minimalis, namun tetap elegan. Column cocok untuk pengantin yang ingin tampil simpel dan elegan.

A-Line Dress

Tipe baju akad nikah yang memiliki garis A, yaitu jatuh lurus dari bahu hingga ke bawah dengan lekuk lembut pada bagian pinggang. A-line dress memberikan tampilan yang feminin dan cocok untuk semua jenis tubuh. Baju ini dapat memberikan ilusi pinggang yang lebih ramping dan memberikan tampilan yang lebih mengalir dan elegan.

Sekian itulah tadi beberapa tips dan cara memilih baju akad nikah yang terbaik dan beberapa rekomendasi yang bisa kamu peritmbangkan untuk dipilih.